Senin, 18 September 2017

kebun wortel, wisata selfi yang baru



Jika anda melakukan perjalanan Dari kota ke Cangar atau sebaliknya, anda pasti melewati ladang perkebunan penduduk desa Sumber Berantas. Ladang ini di tanami aneka sayur dan tanaman komoditi lainnya khas pegunungan. Salah satunya adalah wortel. Wortel tidak hanya bermanfaat untuk dikonsumsi. Lebih dari itu, hamparan  tanaman wortel ternyata sangat indah untuk dijadikan latar belakang swafoto alias selfie atau wefie. Apalagi bila tanaman wortel itu sedang berbunga. Bolehlah dikatakan mirip bunga edelweis yang sedang mekar.
Lokasi hamparan tanaman wortel yang tengah berbunga itu salah satunya terdapat di Jalan Raya Sumber Brantas Desa Sumber Brantas Kecamatan Bumiaji Kota Batu.
 
kebun wortel

lokasinya di pinggir jalan

ini foto sewaktu  habis hujan

sewaktu musim hujan

Bunga tanaman wortel tumbuh pada ujung tanaman, berbentuk payung ganda. Dalam satu wortel bisa menghasilkan lima hingga delapan kelompok bunga.  Berwarna putih atau putih agak pucat. Sehingga jka dilihat dari kejahuan akan tampak indah.

Entah siapa dulu yang pertama memulai. Saat saya dan istri jalan jalan ke kota Batu Malang melewati Cangar, beberapa kali kami melihat banyak orang, terutama para ABG dan berapa keluarga sedang melakukan swafoto alias selfie di tengah perkebunan Wortel tersebut.

Mereka  yang melintasi jalan ini rata-rata tertarik dan mampir untuk menyempatkan berfoto selama beberapa menit.

Tetapi kebanyakan mereka tidak mengetahui jika hamparan tanaman berbunga itu adalah wortel. Mereka baru tahu ketika berada di tengah-tengah hamparan. Karena di bagian bawah ada juga umbi yang menyembul ke atas permukaan tanah.

Namun tidak setiap hari bunga ini ada. Hanya saat saat tertentuatau saat hampir musim panen saja bunganya mekar. Sayang sekali tindakan selfie ini berakibat buruk pada tanaman Woertel itu sendiri. Itu karena banyak pengunjung yang tidak sadar menginjak injak tanaman sampai rusak sehingga merugikan para Petani Wortel. Saran saya jika ingin berfoto selfie, alangkah baiknya berfoto di pinggir kebun atau di jalan setapak yang di buat para petani saja





Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Keindahan pantai kondang merak

pantai kondang merak Pantai Kondang Merak. Mendengar nama ini memang tidak familiar jika dibandingkan dengan nama pantai Balekambang...