Senin, 18 September 2017

Pantai Ngantep malang.pantai religi yang eksotis




Bagi Anda yang hobi berwisata ke daerah pesisir, mengunjungi pantai akan selalu menjadi hal yang mengesankan. Kota Malang menjadi pilihan yang tepat jika Anda berniat menjelajahi pantai-pantainya, baik yang sudah terkenal maupun yang masih perawan alias belum terjamah. Salah satu pantai perawan yang wajib Anda kunjungi ketika berada di kota apel yaitu Pantai Ngantep.
pemandangannya masih alami





pantai di sebelah barat



Pantai Ngantep merupakan salah satu dari banyak pantai yang berada di daerah Malang bagian selatan seperti Pantai Sendang Biru, Pantai Balekambang, Pantai Gua China, Pantai Tamban, dan masih banyak lainnya. Terletak di Dusun Sukorejo, Desa Tumpakrejo, Kecamatan Gedangan, Kabupaten Malang atau sekitar 72 km dari Kota Malang, Pantai Ngantep menawarkan pemandangan yang sungguh indah. Hamparan pasirnya yang halus dan putih sepanjang satu kilometer, ombak yang sedikit tenang, serta kawasan bersih dari sampah akan memanjakan mata wisatawan.
Yang membuat Pantai Ngantep berbeda dari pantai-pantai lainnya adalah panorama dan sensasi ombaknya yang sangat bagus untuk surfing atau berselancar. Tak hanya itu, melihat statusnya yang masih belum diketahui oleh masyarakat luas membuat Pantai Ngantep masih alami dan terjaga dengan baik.

namun sayangnya keindahaan pantai ini belum ditunjang oleh sarana dan prasarana yang baik.seperti saat saya kesana,jalan menuju kesana jalan masih berupa makadam.yang masih banyak genangan air dan lumpur.
cukup menyulitkan untuk saya yang membawa motor dan kebetulan waktu itu musim hujan.jangan kagen juga kalo disini juga banyak berkeliaran anjing anjing kampung yang sebetulnya jinak.dan ada beberapa orang gila/gembel yang kadang kadang lalu lalang menghampiri pengunjung

jalan menuju pantai ngantep

pantai ini terdiri dari 2 bagian yang terpisah oleh bukit yang oleh penduduk setempat dinamai gunung batok.
Tempat ini merupakan lokasi makam para leluhur di Desa Tumpakrejo. Yang membuatnya unik adalah adanya gua kecil bernama Gua Batok yang berada tepat di bawah bukit. Kita juga bisa mengunjungi pendopo agung di Gunung Batok, atau yang lebih dikenal sebagai Panembahan Pantai Ngantep. Panembahan yang berupa joglo itu berada di puncak Gunung Batok yang terletak tepat di sisi kanan pantai, sekitar 200 meter dari bibir pantai. Uniknya, meskipun namanya gunung, namun puncak bukitnya sangat rendah dengan ketinggian sekitar 50 meter. Untuk menuju tempat ini sangat mudah karena terdapat tangga bertingkat yang dibuat pengelola pada tahun 2011. Di dalam pendopo tersebut terdapat sebuah kentongan yang dianggap memiliki nilai magis oleh penduduk setempat. Biasanya di kawasan ini sering dipakai masyarakat sekitar untuk menyepi atau melakukan acara adat turun temurun.
makam panembahan ngantep



pantai di sebelah timur bukit panjangnya kira kira 200 meter.berdampingan dengan rumah rumah penduduk yang berprofesi sebagai nelayan disini ada beberapa warung makanan yang berdiri.ada toilet.dan beberapa penjual souvenir
Jika pengunjung ingin berenang, terdapat sebuah muara sungai yang cukup luas di sebelah timur pantai. Di sini Anda bisa mandi sepuasnya tanpa harus takut dengan ombak pantai yang cukup besar. Bila ingin mandi dengan air yang lebih bersih, pengelola telah menyediakan kamar mandi di dekat penginapan dengan tarif Rp 2.000. Terdapat pula perkampungan nelayan yang kadang-kadang menyediakan ikan segar bagi wisatawan yang ingin membeli oleh-oleh. Oya, setiap hari Sabtu dan Minggu di Pantai Ngantep sering dikunjungi turis asing dari Australia, Inggris, Amerika, atau Selandia Baru untuk bermain surfing.
pantai sebelah timur

foto diambil dari atas bukit



pantai disebelah barat setelah melewati makam panembahan pantai ngantep panjangnya kira 100 meter.pantai ini lebih sepi tapi pemandanganya lebih bagus,pasirnya lembut dan diapit dua bukit sehingga lebih sejuk.ombank di pantai ini cukup besar.jadi disarankan untuk berenang di pantai ini.

Untuk mengunjungi Pantai Ngantep, Anda bisa mengikuti jalan menuju Pantai Balekambang. Lokasi  pantai ini sekitar  3,5 km ke arah timur sebelum masuk Pantai Balekambang. Pantai Ngantep terletak setelah Pantai Wonogoro jika dari arah Balekambang. Sesampainya di lokasi pantai, tampak pepohonan jenis keben berusia lebih dari 50 tahun menjulang tinggi berjajar di area parkir. Suasana begitu sejuk, banyak bunga pandan dengan warna merah menambah suasana pantai kian asri dan indah. Tiket masuk ke Pantai Ngantep adalah Rp 6000 per orang.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Keindahan pantai kondang merak

pantai kondang merak Pantai Kondang Merak. Mendengar nama ini memang tidak familiar jika dibandingkan dengan nama pantai Balekambang...