Rabu, 06 September 2017

Trip Ke Ranukumbolo

ide ini sebenarnya dah tersimpan lama.namun kendala peralatan sehingga jadi sering tertunda.sering maksudnya berkali kali perencanaan matang tapi sering gagal.gagal karena peralatan kemping memang belum punya jadi kami gak mau dong maksa.kenapa gak sewa aja?pertama kebetulan memang waktu itu sama sekali kita gak tahu tempat persewaan alat kemping blas.lagipula sang nyonya jg agak keberatan kalo sewa kita kan gak tau kebersiannya kaya apa?bisa bisa tertular penyakitnya anak gunung lagi ha...ha....

gak pake lama setelah dapat tenda.kami rencana ulang lagi.sebenarnya pingin pas pergantian tahun baru 2015 tapi kami kuatir karena bertepatan dengan musim hujan.jadi rencana kami percepat

september tanggal 19 siang kami berangkat berdua dari sidoarjo.saya dan istri naik motor sengaja awal karena rencana kami nginap dulu di ranupane sambil nunggu teman teman dai klub IPGyang berangkat keesokan paginya.ternya sampai sana loket sudah tutup karena kesorean.kami tidur di pendopo yang di sediakan untuk para pendaki.suhu waktu itu sangat dingin.10 derajat.memang ukuran yang sangat dingin untuk ukuran orang yang tinggal di dataran rendah seperti sidoarjo seperti saya.

ngemper di ranupani

keesokan paginya kami langsung menuju loket pendaftaran,sekedar info baiaya mendaki Rp 17.500 per orang pada hari biasa dan Rp 22.500 pada hari minggu/libur.saya dan istri kena Rp 80.000 untuk 2 orang dan dua malam karena rencana kami memang cuma rakum tok.

numpang foto dulu

pukul 08 00 kami bersama teman teman lainya mulai cabut dari base camp kira kira 200 meter kami sempatkan oto dulu di gapura kebanggan semeru ha..ha...

ini aku waktu gendut.sekarang masih gendut

Untuk mencapai Ranu Kumbolo harus menempuh waktu 4-5 jam perjalanan dari Desa Ranu Pani.. Beberapa syarat dan administrasi harus ditempuh untuk mencapai danau ini sama halnya untuk mendaki ke puncak Mahameru.
Ranu Kumbolo menjadi tempat yang menyenangkan bagi para pendaki untuk ngecamp selama pendakian ke puncak Mahameru. Bahkan banyak yang datang jauh jauh hanya untuk camping di Ranu Kumbolo.
gak kebayang tuk mendaki semeru.karena badan udah berat kaya saya...
        perjalanan dimulai melewati tanjakan terjal melewati perkebunan penduduk.memasuki semak yang rimbun.disini belum terlihat keindahan jalur semeru tapi satu jam setengah kemudian kami sampai di pos 1 baru nampak nuansa pendakian sesunggunya.kami istairahat dulu di sini sambil minum.disi juga banyak penduduk lokal yang berjualan air minum dan jajanan buatan sendiri.tapi jangan kaget harganya wuiiiih...1 potong gorengan size medium dipatok Rp 2500/buah,semangka 1 iris sama Rp 2500 minuman air mineral ukuran 250 ml harganya Rp 10.000  kok mahal?ya iya bawanya dari ranupani.jauhhhh.kata penjualnya

foto menuju pos 1

15 menit kemudian kami lanjukan perjalanan. jalan masih landai tapi pemandangan bukit bukit mulai terlihat di kejahuan.1 jam kemudian kami sampai di pos 2.keadaan di sini relati sama kaya pos 1 tapi lebih rame karena kebetuan barengan sama rombongan pendaki yang istirahat di sini.

dibelakang tebing waturejeng

lanjut Perjalanan menuju pos 3 mulai memerlukan tenaga ekstra. Tanjakan-tanjakan cukup terjal menjadi tantangan tersendiri bagi para pendaki bila ingin menuju pos 3 di jalur pendakian Gunung Semeru ini. Bila mendaki saat musim kemarau sebaiknya membawa masker  untuk menghalau debu agar tidak terhirup karena sepanjang jalur pendakian ini treknya berupa tanah kering. jalur mulai tak beraturan saat melewati watu rejeng jalur bawah bukit ini konon angker pada malam hari.Butuh waktu sekitar 1 jam setengah untuk menuju pos 3 ini dari pos 2. Di pos 3 terdapat bangunan atau shelter  yang sudah diperbaiki

Dari pos 3 ke pos 4, jalur langsung menghadi tanjakan exstrim.kira kira 45 derajat.dinamakan tanjakan rais.karena yanh membuat jalan ini dulunya pak rais.kata penduduk setempat.butuh waktu 15 menit untuk melewati tanjakan ini walau panjangnya gak lebih dari 100 meter setelah itu baru
jalur kembali seperti biasa dan cukup mudah untuk dilalui. Dari pos 3 ke pos 4 hanya membutuhkan waktu sekitar  1 jam setengah.karena saya banyak berhentinya.sekedar foto foto dan makan makan. Di pos 4 ini juga terdapat shelter yang bisa digunakan untuk beristirahat sejenak sebelum melanjutkan perjalanan ke Ranu Kumbolo

sempat foto dulu

Dari pos 4, pendaki sudah bisa melihat keindahan surganya Gunung Semeru, yaitu Ranu Kumbolo. Tinggal mengikuti jalan setapak sekitar 15 menit dari pos 4, pendaki sudah sampai di tepi danau Ranu Kumbolo. Bila ingin mendapatkan spot sunrise terbaik, dirikanlah tenda di sekitar tepi danau yang disana terdapat sebuah shelter.akhirnya setelah lama berjalan kami tiba di danau impian ini capek.tapi puassss.