Minggu, 16 Juli 2017

Air Terjun Grojokan Sewu Pujon Malang



Sekilas namanya sama dengan air terjun Grojogan Sewu di Karanganyar Jawa Tengah, tapi yang ini beda. Yang akan saya bahas dalam postingan kali ini adalah Grojogan Sewu di Desa Bendosari, Kec Pujon, Kab Malang hehehe. Oke, sudah jelas ya? Sekali lagi ini adalah tentang Grojogan Sewu Malang.
Lokasi air terjun ini berada di pinggir jalan yang menghubungkan Kab Kediri dengan Kab Malang. Tepatnya berada di daerah Pujon Batu.Keberadaan air terjun ini begitu mencolok karena memang terlihat jelas dari jalan raya.
Air Terjun Grojokan Sewu
Dari Sidoarjo rute untuk menuju air terjun ini adalah lewat Sidoarjo – Malang - Batu  – Ngantang – Bendosari (Kec Pujon).

Bagi yang membawa kendaraan bisa dititipkan di sebelah rumah penduduk di depan pintu masuk air terjun ini dengan biaya seikhlasnya. Tidak ada tiket masuk untuk masuk kawasan ini, namun pengunjung disarankan untuk menjaga kebersihan di sekitar lokasi.
Untuk menuju lokasi air terjun yang berada di seberang sungai, sudah tersedia jembatan besi yang kokoh. Selanjutnya tersedia pula jalan setapak sederhana yang langsung menuju ke air terjun.  Jalanan tersebut melintasi area persawahan, sehingga menambah daya tarik di sekitar lokasi air terjun jarak pintu masuk dari air terjun tidak begitu jauh hanya sekitar 100 meter
Jembatan menuju Air Terjun Grojokan Sewu
Kondisi Air Terjun Grojogan Sewu sendiri masih begitu asri dan terawat. Keberadaan pepohonan di sekitar air terjun yang masih terjaga turut memberikan kesan teduh dan sejuk dan kadang kadang terlihat monyet bergelantungan di sekitar pohon dekat air terjun. Debit airnya yang deras meniupkan udara dingin di sekitar lokasi air terjun, membuat suasana air terjun semakin greget.
Menurut warga, Air terjun ini sering di kunjungi warga sekitar dan dari jauh untuk keperluan ritual. Karena mereka banyak yang percaya bahwa air terjun ini membawa khasiat awet muda. Karena itulah disini dibangun tempat untuk pemujaan.
saya di depan air terjun

disebelah tempat pemujaan

cocok buat refresing

Air Terjun Grojokan Sewu dari jauh
Disini tidak disediakan warung, jadi pengunjung yang ingin berwisata kesini diharapkan membawa bekal makanan dan minuman dari luar.saran saya kalo anda hendak kesini diharapkan musim kemarau saja karena kalo musim hujan kondisi jalan cukup becek,kondisi air terjun yang sepi dan debit air yang deras bisa membahayakan pengunjung



Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Keindahan pantai kondang merak

pantai kondang merak Pantai Kondang Merak. Mendengar nama ini memang tidak familiar jika dibandingkan dengan nama pantai Balekambang...