Selasa, 11 Juli 2017

Kebun Teh Wonosari Lawang yang asri



kebun teh wonasari terletak di desa wonorejo kecamatan wonosari lawang dan masuk sebagai perkebunan teh PTPN nusantara
Kebun Teh ini dapat ditempuh kurang lebih dalam waktu 1,5 jam dari Kota sidoarjo. Perjalanannya cukup mudah meski pada saat berbelok dari Lawang menuju Kebun Teh, jalanan sudah mulai agak sulit. Di samping sempit, jalanan yang ditempuh juga berliku-liku dan menanjak. Pada saat berpapasan dengan kendaraan lain, salah satu harus mengalah supaya bisa lewat. Banyak jalan yang mengharuskan kita menggunakan gigi persneling 1 karena tanjakan yang curam dan belokannya yang tajam.
kebun teh di bagian depan
Setelah sampai di pntu masuk Kebun Teh, kita disambut oleh hamparan kebun teh yang hijau, namun sayang sekali pada saat kami sampai di sana, hujan telah turun dengan derasnya, sehingga pemandangan hijau yang asri ini tidak dapat kami abadikan dengan sempurna. Selanjutnya kami melewati loket masuk dan membayar Rp 15000 untuk 2 orang.termasuk biaya parkir Setelah masuk kami langsung menuju ke tempat parkir utama. Di sebelah tempat ini ada fasilitas kolam renang air panas,dan dingin,mini zoo  arena ATV (All Terrain Vehicle).dan trail Untuk mencoba menikmati mengendarai ATV ini, kita harus membayar Rp 50.000 untuk beberapa jam.
 
denah kebun teh wonosari
di tempat ini juga terdapat warung makan yang menurut saya rasanya enak dan harganya masih terjangkau.mulai makanan berat ala nasi goreng,ayam,soto hingga camilan ala jagung bakar,sosis,roti bakar dll.saya sempat berkeliling dan mengabadikan beberapa spot di sekitar pabrik.
Saya sempat berdialog dengan salah seorang penjual bakso di situ dan mengetahui sebnarnya hari minggu bukan hari yang tepat untuk mengunjungi Kebun Teh karena semua karyawan pabrik dan pemetik teh libur. Jam kerja mereka adalah Senin – Sabtu mulai jam pagi sampai jam 2 siang. Mungkin jika nanti ada waktu lagi saya akan menyempatkan ke sana lagi pas hari Sabtu supaya bisa melihat dari dekat proses pemetikan teh dan pemrosesan daun teh di pabrik.
di depan kantor PTPN nusantara
Sebenarnya pada kondisi normal, ada banyak pilihan kegiatan yang bisa kita lakukan untuk berwisata di kebun teh ini. Jika kita pergi ke sana dalam jumlah banyak orang, kita bisa mengikuti outbond, mengendarai kuda atau ATV mengelilingi hamparan kebun teh, melihat proses pemetikan daun teh, pemrosesan teh di pabrik dan juga mencicipi langsung teh racikan pabrik. Di sana juga ada area untuk camping, sehingga kita bisa bermalam dalam tenda dalam suasana alam yang sejuk. 
 
pemandangan kebun teh bagian tengah
Bagi saya, kebun teh ini sangat potensial untuk dijadikan spot wisata alam. Namun masih banyak yang harus dibenahi oleh pemerintah daerah Kabupaten atau dari pihak PT Perkebunan sendiri. Jalan menuju ke kebun teh perlu diperlebar sehingga akses menuju kesana lebih mudah dan lancar. Bagi sebagian orang yang setiap hari disibukkan oleh pekerjaan kantor dan membutuhkan suasana alam untuk melepaskan penat, kebun teh ini sangat cocok dikunjungi.
salah satu spot kebun teh
 Bagi penyuka fotografi, kebun teh ini memiliki banyak spot yang bisa diabadikan, jika cuaca mendukung. Hamparan kebun teh yang menghijau, kabut di pagi hari  Dan, bagi pasangan muda-mudi yang ingin menyendiri dan memadu kasih, saya rasa lokasi ini patut dicoba, ha ha ha. Udara sejuk pegunungan sangat cocok dan sehat untuk kesehatan tubuh dan pikiran sehingga stress dan penat setelah beberapa hari bekerja dapat berkurang dan tubuh menjadi segar kembali untuk memulai aktivitas kerja.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Keindahan pantai kondang merak

pantai kondang merak Pantai Kondang Merak. Mendengar nama ini memang tidak familiar jika dibandingkan dengan nama pantai Balekambang...