Selasa, 11 Juli 2017

Candi Jawi, Candi terbagus di pasuruan



Candi Jawi tampak depan
Candi Jawi terletak di Desa Candiwates, Kecamatan Prigen, Kabupaten Pasuruan.letaknya di pinggir jaln raya pandaan prigen. Jadi untuk lokasinya nggak terlalu jauh dari Air Terjun Kakek Bodo. Candi ini merupakan peninggalaan dari Kerajaan Singosari dan dibuat oleh Raja Kertanegara. Yang cukup unik, menurut Mpu Prapanca dalam bukunya yaitu Negarakertagama menerangkan bahwa Candi Jawi mempunyai dua sifat keagamaan, yaitu bagian bawah bersifat Hindu dan bagian atasnya bersifat Budha. Berarti pada saat itu percampuran antara agama Hindu dan Budha cukup menonjol di Jawa Timur.

candi ini di buka setiap saat khususnya hari libur dan hari besar.waktu itu tidak ada tiket resmi cuma mengisi buku tamu dan biaya sukarela untuk bebersihan.kebetualan ketika pulang dari kakekbodo saya dan istri berniat mampir ke candi ini.Saya langsung menuju pos jaga untuk mengisi buku tamu dan memberikan uang retribusi seikhlasnya, serta meminta beberapa informasi tentang Candi Jawi ini.


Candi Jawi mempunyai bentuk yang tinggi dan ramping, mirip seperti Candi Prambanan di Jogja. Candi ini berukuran panjang 14,24 meter, lebar 9,55 meter, dan tinggi 24,50 meter. Pada tubuh candi terdapat hiasan berupa relung-relung dan kepala kala. Pada kaki candi terdapat relief yang menggambarkan suatu cerita, tetapi sayangnya sampai saat ini cerita tersebut belum teridentifikasi. Sedangkan di dalam bangunan candi hanya terdapat Yoni saja.
 
Candi Jawi dari samping
Candi Jawi dari samping
pintu masuk Candi Jawi
di dalamnya cuma ada yoni
kolam yang mengelilingi candi
Candi Jawi dari kejahuan
Menurut info dari bapak yang nunggu Candi Jawi, bagian candi yang masih asli hanyalah pada bangunan bawahnya saja, sedangkan pada bagian tengah dan atas adalah bangunan setelah dilakukan pemugaran (perbaikan). Seperti candi-candi kebanyakan, di depan candi utama terdapat candi perwara. Namun candi perwara yang terdapat di Candi Jawi ini sudah hampir rata dengan tanah dan tidak terlihat seperti sebuah candi perwara.
 
reruntuhan di belakang Candi Jawi
Di belakang Candi Jawi terdapat sebuah bangunan yang bebentuk seperti gerbang dan terbuat dari batu bata merah yang juga sudah hampir runtuh. Konon ini dahulunya merupakan pintu masuk menuju candi.
Setelah cukup melihat-lihat dan mengamati Candi Jawi saya kembali melanjutkan perjalanan pulang ke Surabaya.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Keindahan pantai kondang merak

pantai kondang merak Pantai Kondang Merak. Mendengar nama ini memang tidak familiar jika dibandingkan dengan nama pantai Balekambang...