Selasa, 11 Juli 2017

Candi Penataran candi kebanggaan kota blitar

Candi Penataran. Candi ini terletak di desa penataran, kecamatan nglegok, kabupaten blitar. Lokasinya hanya 15 menit dari pusat kota blitar.jika dari kota bliatar kita bisa melewati dari makam bung karno lurus ke utara mengikuti penunjuk jalan.jangan kuatir tersesat banyak warga sekitar yang bisa di tanyai kok


Candi Penataran memang tak semegah prambanan atau borobudur di jawa tengah, tapi di candi penataran aja kita sudah bisa melihat betapa kreatif dan tingginya kebudayaan bangsa kita di masa lampau.
Waktu jalan-jalan ke sini pertengahan november lalu, baru masuk gerbang aja saya sudah disambut sama dua buah patung buesar di kiri kanan pintu masuk.namanya arca dwarapala.arca penjaga katanya. Bentuknya gendut gitu, setinggi hampir dua meter.oh ya lupa tiket masuknya murah meriah kok cuma Rp 3000 per oarang dan parkirnya Rp2000 dan jangan lupakalo kesini bawa payung.soalnya panas.he..he...
arca dwarapala
Jalan kaki sekitar 80 meter sampailah saya di candi angka tahun yang bentuknya nyandi banget. Entah kenapa diberi nama candi angka tahun, yang jelas pembangunan candi ini berangka tahun 1291 saka atau sama dengan 1369 masehi.
45 meter di belakang candi angka tahun berdiri candi induk. Inilah candi terbesar di komplek candi penataran. Ukurannya 32 x 29 meter, dengan tinggi 7 meter. Badan candi induk ini dipenuhi relief-relief cerita agama hindu. Kita bisa naik sampai ke puncak candi, dan dari atas kita bisa menyapu pandangan ke sekeliling komplek candi penataran.
candi induk untuk pemujaan
 
candi yang khas itu
 
prasasti penataran
komplek candi penataran
Komplek candi penataran aslinya difungsikan sebagai tempat pemujaan. Berdasarkan penelitian struktur dan artefak, diketahui komplek candi ini dibangun tidak dalam satu waktu. Pembangunannya dimulai pada abad XII di masa kerajaan kadiri, dan berakhir pada abad XV di masa pemerintahan kerajaan majapahit.
 
petirtaan di belakang candi penataran
Di bagian paling belakang candi terdapat sebuah petirtaan atau tempat pemandian. Lokasinya agak terpisah di pojok selatan komplek candi. Kita harus menuruni beberapa anak tangga untuk sampai ke sini.
Air petirtaannya jernih sekaleee. Saya sampai pengen nyebur. Tapi batal begitu tahu di dalam kolam pemandian banyak ikan montok hidup. Kebanyakan ikan nila, tapi ada juga ikan mas. Denger-denger, warga sekitar tak ada yang berani menganggu atau mengambil ikan-ikan itu loh. Padahal keliatannya enak.. (˘ڡ˘)
Kalau temen2 jalan ke blitar, mampir candi penataran ya.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Keindahan pantai kondang merak

pantai kondang merak Pantai Kondang Merak. Mendengar nama ini memang tidak familiar jika dibandingkan dengan nama pantai Balekambang...